Jakarta Promosikan Destinasi Wisata Unggulan di ASTINDO Travel Fair 2025
- Minggu, 23 Februari 2025

JAKARTA - Ibu kota Indonesia yang dinamis, menampilkan berbagai destinasi wisata unggulan dalam ASTINDO Travel Fair 2025 yang berlangsung pada akhir pekan ini. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center, yang katanya merupakan penyelenggaraan ASTINDO terbesar hingga saat ini. Acara ini diselenggarakan oleh Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (ASTINDO) dan diikuti oleh berbagai pelaku industri pariwisata, mulai dari agen perjalanan, maskapai penerbangan, hingga hotel dan resor di seluruh Indonesia.
Dalam upaya menarik lebih banyak wisatawan domestik dan internasional, pemerintah DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengedepankan spot wisata unggulan yang telah terbukti memikat perhatian dunia. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dalam pidato pembukaannya, menekankan pentingnya acara ini sebagai platform untuk memperkenalkan lebih banyak pesona Jakarta kepada khalayak internasional.
"ASTINDO Travel Fair memberikan kesempatan bagi Jakarta untuk menunjukkan betapa kaya dan beragamnya daya tarik wisata yang kami miliki. Jakarta adalah jantung Indonesia, menyajikan banyak kebudayaan dan inovasi yang dapat dinikmati setiap wisatawan," ungkap Anies.
Di antara destinasi yang dipromosikan adalah Kota Tua yang terkenal dengan bangunan bersejarah era kolonial, serta Taman Mini Indonesia Indah sebagai miniatur keragaman budaya di tanah air. Selain itu, ajang tahun ini juga menyoroti kawasan baru yang sedang naik daun, seperti Pantai Mutiara yang tengah dikembangkan menjadi salah satu ikon wisata bahari kota Jakarta.
"Kami sangat bangga mempromosikan Pantai Mutiara. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjadikan Jakarta sebagai kota berbasis kelautan yang dapat bersaing dengan destinasi pantai global lainnya. Infrastruktur di kawasan ini juga sudah ditingkatkan untuk memastikan kenyamanan wisatawan," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andhika Permata.
Tidak ketinggalan, wisata kuliner juga menjadi primadona yang diharap dapat menarik wisatawan pencinta makanan. Booth Jakarta di ASTINDO Travel Fair menampilkan berbagai kuliner khas Jakarta seperti Kerak Telor, Soto Betawi, dan nasi uduk. Wisatawan yang hadir di booth dapat merasakan cita rasa otentik ini dan mendapatkan informasi tentang tempat terbaik untuk menikmatinya di Jakarta.
Dalam kesempatan ini, Pemprov DKI Jakarta juga memperkenalkan konsep 'City Branding', yang bertujuan membangun citra kota yang kuat di mata wisatawan. Salah satu strategi utamanya adalah dengan memanfaatkan kekuatan media sosial dan pemasaran digital, yang kini menjadi alat promosi ampuh di era digital. “Kami menggunakan pendekatan baru dengan city branding untuk memikat lebih banyak pengunjung melalui kanal digital dan sosial media,” jelas Andhika.
ASTINDO Travel Fair 2025 juga menjadi ajang pertemuan B2B bagi pelaku industri pariwisata, yang memungkinkan terciptanya kerja sama potensial antara agen perjalanan lokal dengan mitra internasional. "Peluang kerja sama seperti ini tidak hanya menguntungkan bagi industri pariwisata Jakarta, tetapi juga membuka lebih banyak peluang lapangan kerja di sektor ini," tambah Ketua Umum ASTINDO, Rudiana.
Peserta dan pengunjung ASTINDO Travel Fair juga berkesempatan menikmati berbagai penawaran menarik berupa diskon tiket pesawat dan paket wisata ke Jakarta, yang dirancang khusus selama pameran berlangsung. Banyak wisatawan yang memanfaatkan kesempatan ini untuk merencanakan kunjungan ke Jakarta dengan harga lebih terjangkau.
"Pameran ini sangat bermanfaat, terutama bagi yang ingin mengenal Jakarta lebih dalam. Kami mendapatkan banyak informasi mengenai spot baru yang ingin kami kunjungi, termasuk promo tiket yang cukup menggiurkan," kata seorang pengunjung asal Singapura.
ASTINDO Travel Fair 2025 diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata Jakarta pasca-pandemi dengan mendatangkan lebih banyak wisatawan dan memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi wisata utama di Indonesia. Upaya pemerintah DKI Jakarta dan para pelaku industri dalam mempromosikan keunggulan wisata kota ini menandai komitmen mereka terhadap pertumbuhan dan inovasi dalam sektor pariwisata.
Dengan kalender acara internasional yang memanjang pada tahun depan, Jakarta siap menyambut gelombang wisatawan yang antusias untuk mengeksplorasi dan merasakan sendiri keunikan dan keragaman yang kota metropolitan ini tawarkan. ASTINDO Travel Fair telah menjadi pintu pembuka untuk menampilkan potensi pariwisata yang lebih besar, dan semua mata tertuju pada Jakarta saat kota ini bergerak maju dalam upaya menjadikan dirinya sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Herman
teropongbisnis.id adalah media online yang menyajikan berita sektor bisnis dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.
Rekomendasi
Berita Lainnya
Acer Perkenalkan Swift Go 14 OLED dengan Layar Jernih dan Baterai Tahan Lama
- Rabu, 10 September 2025
Terpopuler
1.
8 Mobil Listrik Modern Hadir dengan Aplikasi Canggih
- 10 September 2025
2.
Makanan Tradisional Jepang Mendukung Umur Panjang Sehat
- 10 September 2025
3.
Daftar Harga BBM Pertamina Seluruh Indonesia Hari Ini
- 10 September 2025
4.
PLN Pastikan Tarif Listrik September 2025Tetap Stabil
- 10 September 2025
5.
Harga Minyak Naik, Prospek Ekonomi Tetap Menjanjikan
- 10 September 2025